PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TENTANG MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Oktaviani Oktaviani
Livear Olivia Aldo

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pro dan kontra dikalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2018 dan 2019 FT UNP terhadap kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang dikeluarkan oleh Mendikbud. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2018 dan 2019 FT UNP terhadap kebijakan hak belajar tiga semester di luar program studi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP angkatan 2018 dan 2019 sebanyak 122 orang. Adapun Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dibuat pada google form dan disebarkan melalui whatsapp. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2018 dan 2019 FT UNP terhadap kebijakan hak belajar tiga semester di luar program studi tergolong dalam kategori baik. Hal ini dinyatakan dengan hasil pengolahan data yang menunjukkan pada aspek pengetahuan memperoleh persentase sebesar 74,5%, pada aspek penilaian memperoleh persentase sebesar 78,2% dan pada aspek sikap memperoleh persentase sebesar 80,2%, artinya sudah banyak mahasiswa yang mengetahui, memahami, menilai dan menyikapi kebijakan hak belajar tiga semester di luar program studi dengan baik walaupun masih ada beberapa mahasiswa yang berkategori rendah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Oktaviani, O., & Aldo, L. (2021). PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TENTANG MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 26-32. https://doi.org/10.24036/asce.v2i1.85566