HUBUNGAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 5 PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fran Pratama Abdullah
M. Giatman

Abstract

Tingginya tingkat pengangguran siswa lulusan SMK yang dipersiapkan untuk peserta didik bekerja dalam bidang tertentu belum sepenuhnya memiliki motivasi dan kesiapan kerja. Sedangkan untuk membentuk, merencanakan, menentukan dan mengambil keputusan setelah lulus SMK melalui program yang diselenggarakan oleh sekolah belum sepenuhnya memotivasi dan mengarahkan siswa untuk kesiapan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar hubungan antara motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII pada program keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dan sampel penelitian sebanyak 53 siswa dengan menggunakan teknik Total Sampling. Uji validitias dilakukan pada 30 siswa SMKN 1 Padang dengan hasil butir pernyataan yang valid adalah 29 dari total 33 butir diperoleh nilai reliabel sebesar 0,884 (sangat andal) dan nilai rhitung 0,563. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 5 Padang tahun ajaran 2019/2020 dengan tingkat hubungan sedang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Abdullah, F., & Giatman, M. (2020). HUBUNGAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 5 PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 1(1), 36-40. Retrieved from http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/9

References

Depdiknas. (2006). UU Sistem Pendidikan Nasional pasal 15. Jakarta: Depdiknas.

Dikmenjur. (2008). Kurikulum SMK. Jakarta: Dikmenjur.

Badan Pusat Statistik. (2019). “Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Indonesia pada bulan Agustus 2019”. http:// www.bps.go.id.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abrar Medi. (2014). “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Mengidentifikasi Ilmu Bangunan Gedung Siswa Kelas X SMK N 1 Pariaman”. CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 2, No. 2).

Herminanto Sofyan. (1986). “Kesiapan Siswa STM Se-Jawa untuk Memasuki Lapangan Kerja”. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Emilyawinri. (2018). “Kontribusi Minat Kerja Terhadap Kesiapan kerja Siswa Pada Dunia Industri Kelas XI Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri Bengkulu”. CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 5, No. 1).

Syahron Lubis. (2011). Metode Penelitian Pendidik. Padang: Sukabina Press.
Riduwan & Engkos Acmad Kuncoro. (2012). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analisis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta

Fuji Asema. (2018). “Pengaruh Hasil Belajar Metodologi Penelitian Terhadap Penyelesaian Proposal Skripsi (studi kasus: Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP Semester Juli-Desember 2017)”. CIVED ISSN 2302-3341 (Vol. 5, No. 1).
Fahmi, I. G. Rani, and P. Zola, “Kontribusi Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan Smkn 5 Padang,” CIVED, vol. 5, no. 3, 2018.

A. P. Melinda, P. Zola, R. Abdullah, and R. Body, “Sosialisasi pekerjaan struktur rumah sederhana yang ramah gempa kepada buruh konstruksi di kecamatan matur kabupaten agam,” CIVED, vol. 5, no. 4, pp. 3–6, 2018.

Z. Annuar and P. Zola, “Pengaruh Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri Terhadap Minat Memilih Profesi Guru Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan,” Cived, vol. 6, no. 3, 2019.

S. Syahril, N. Jalinus, R. A. Nabawi, and Y. Arbi, “The Create Skills of Vocational Students to Design a Product: Comparison Project Based Learning Versus Cooperative Learning-Project Based Learning,” Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit. Res., vol. 299, no. 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018) The, pp. 316–320, 2019.

N. Jalinus, Syahril, R. Azis and Y. Arbi, "How Project-Based Learning and Direct Teaching Models Affect Teamwork and Welding Skills Among Students," International Journal of Innovation, Creativity and Change, vol. 11, no. 11, pp. 85-111, 2020.