PENGARUH MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR GAMBAR KELAS X DI SMK NEGERI 1 PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa Kelas X pada mata pelajaran Dasar-Dasar Gambar menjadi pendorong penulis untuk melakukan penelitian, terlihat dari nilai semester ganjil siswa Kelas X Teknik Konstruksi Perumahan 3 tahun terakhir dengan 153 siswa, hanya 62 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum. Sedangkan 91 siswa lainnya belum memenuhi nilai yang ditetapkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran adalah dengan mengimplementasikan manajemen kelas. Tujuan pengelolaan kelas adalah mengatur proses belajar mengajar secara metodis. Inisiatif ini menghasilkan penciptaan bahan ajar dan desain ruang belajar dengan tujuan menciptakan lingkungan belajar yang produktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kelas mempengaruhi kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Gambar Kelas X di SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Padang semester Juli-Desember periode 2023/2024. Seluruh siswa yang terdaftar dalam mata pelajaran tersebut adalah populasi penelitian, yaitu sebanyak 61 orang siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X Teknik Konstruksi Perumahan yang menjalani mata pelajaran Dasar-Dasar Gambar periode 2022/2023. Kuesioner yang mengukur efektivitas pembelajaran adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Metode untuk menganalisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan Manajemen kelas memberikan kontribusi sebesar 43,7% terhadap efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-Dasar Gambar Kelas X di SMK Negeri 1 Padang.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.