PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN CHATGPT
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penerapan Teknologi AI ChatGPT memiliki potensi sebagai asisten virtual yang dapat membantu mahasiswa dalam berbagai aspek pembelajaran dan aktivitas akademis. Namun, ketika mahasiswa baru mengenal teknologi ini, mereka sering mengalami kebingungan. Selain itu, ada risiko terlalu bergantung pada Teknologi AI ChatGPT yang dapat mengakibatkan penurunan motivasi belajar saat menggunakan teknologi ini untuk menyelesaikan tugas-tugas. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Negeri Padang terkait penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan ChatGPT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian terdiri dari 44 mahasiswa Program Studi PTB UNP. Data penelitian dikumpulkan melalui Google Form yang dibagikan kepada mahasiswa secara daring melalui aplikasi WhatsApp. Hasil analisis data dan pembahasan mengenai persepsi mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan UNP terhadap Teknologi AI ChatGPT menunjukkan bahwa persepsi mereka tergolong baik, dengan tingkat pencapaian sebesar 81,96%. Hasil analisis terhadap 6 sub indikator penelitian menunjukkan hasil yang baik, yaitu pengetahuan dasar (84,09%), kemampuan (82,27%), keterbatasan (77,50%), lingkungan belajar di kampus (82,36%), lingkungan kerja (82,09%), dan lingkungan kerja di bidang jasa konstruksi (83,64%). Dari keenam sub indikator penelitian tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Teknologi AI ChatGPT adalah baik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
OpenAI. (2022, November 30). ChatGPT: Optimizing Language Models for Dialogue. Diambil pada tanggal 17 Juli 2023 dari https://openai.com/blog/chatgpt/
Putra, E. A. (2015). “Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (Vol. 4, No. 3). Hlm 73.
Richard, S. (2010). ALICE Chatbot: Trials and Outputs. Diambil pada tanggal 11 Juli 2023 darihttps://media.neliti.com/media/publications/277410aplikasi-chatbot-milki-bot-yang-terinteg-f6cf45cb.pdf
Riduan dan Kuncoro, E. A. (2012). Cara Mudah Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.