PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RAB
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Salah satu dari mata pelajaran yang diajarkan di sekolah menengah kejuruan terkhusus di SMK Negeri 5 Kota Sungai Penuh adalah Mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB).Tidak hanya kemampuan membaca gambar tetapi kemampuan berhitung juga diterapkan pada mata pelajaran ini. Kombinasi antara penguasaan gambar teknik dan berhitung adalah kunci penguasaan kemampuan pada mata pelajaran RAB. Penelitian ini merupakan penelitian yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran RAB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research (CAR). Model penelitian Tindakan Kelas ini, menggunakan model Stephen Kemmis dan Robbin Mc. Taggart. Penelitian ini berbentuk siklus yang berlangsung dua kali siklus, bergantung pada tingkat keberhasilan dari target yang dicapai. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 5 Kota Sungai. Jumlah siswa dalam kelas ini 14 siswa. Teknik analisis data dilakukan adalah dengan cara menilai keaktifan belajar siswa dan penilaian hasil belajar. hasil belajar siswa pada siklus I dengan jumlah siswa 14 orang, dengan nilai rata-rata 72,86 dan siswa yang mencapai ketuntasan belajar 8 orang yaitu 57,14 %. Pada siklus II dengan jumlah siswa 14 orang, dengan nilai rata-rata 79,29 dan siswa yang mencapai ketuntasan belajar 11 orang yaitu 78,57 %. Pada siklus II ini, nilai rata-rata siswa sudah mencapai diatas KKM.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
[2]Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajar. Jakarta: Rineka Cipta
[3] Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia. 2017. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017. Tentang Perubahan Atas Peraturan Penganti Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Jakarta:Kemenkumham.
[4]Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2018. Permendikbud Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
[5] Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Charisma Putra Utama Offset.
[6] Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.