FONDASI KONSTRUKSI SARANG LABA-LABA (KSLL) SEBAGAI ALTERNATIF PERENCANAAN STRUKTUR BAWAH GEDUNG X DI AIR TAWAR KOTA PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fabil Daka Putra
Fajri Yusmar

Abstract

Pemilihan jenis fondasi sangat penting dilakukan karena tidak semua jenis fondasi cocok untuk setiap jenis bangunan. Perencanaan fondasi harus direncanakan secara matang karena jika terjadi penekanan pada tanah secara berlebihan maka dapat menyebabkan penurunan yang besar bahkan terjadi keruntuhan pada bangunan. Perencanaan pembangunan Gedung Percetakan UNP telah direncanakan pada tahun 2022, akan tetapi waktu pelaksanaan konstruksi belum ditentukan. Kondisi tanah pada lokasi pembangunan berdasarkan data tanah yaitu tanah berpasir. Dalam hasil perencanaan untuk struktur bawah menggunakan fondasi tiang pancang dengan diameter 50 cm, kedalaman 30 m, dan jumlah tiang untuk satu kolom sebanyak 2 buah. Berdasarkan pengalaman yang terjadi, pada pembangunan gedung dilingkungan UNP yang menggunakan fondasi dalam, terdapat beberapa kekurangan. Penelitian ini membahas tentang perencanaan fondasi KJRB sebagai struktur bawah gedung percetakan UNP, serta mendapatkan hasil berupa gambar rencana dan detail fondasi KJRB. Metode perhitungan yang digunakan yaitu asumsi KJRB sebagai fondasi dangkal jenis rakit dengan metode daya dukung Meyerhof. Hasil kapasitas daya dukung fondasi sebesar 1799,03 kN/m2, dan tegangan tanah maksimum sebesar 41,45 kN/m2. Dimensi rib konstruksi dengan tebal 15 cm, kedalaman 125 cm, didapatkan tebal ekivalen sebesar 87,5 cm, dan tulangan yang digunakan yaitu 2D22. Sedangkan dimensi rib settlement dengan tebal 15 cm, kedalaman 150 cm, didapatkan tebal ekivalen sebesar 105 cm, dan tulangan yang digunakan yaitu 2D22. Penurunan fondasi yang terjadi sebesar 1,2 cm.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putra, F., & Yusmar, F. (2023). FONDASI KONSTRUKSI SARANG LABA-LABA (KSLL) SEBAGAI ALTERNATIF PERENCANAAN STRUKTUR BAWAH GEDUNG X DI AIR TAWAR KOTA PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(4), 449-457. https://doi.org/10.24036/asce.v4i4.92083