PENERAPAN SAFETY INDUCTION PEMBELAJARAN SISWA SMK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rimanda Pranawati
Fitra Rifwan
Eka Widiyanti

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam pendidikan terutama sekolah menengah kejuruan (SMK), terkhusus saat magang di pabrik. Pemagangan berlangsung di bengkel atau di lapangan dengan tujuan supaya dapat meningkatkan potensi dan keterampilan seseorang supaya dapat langsung menggunakan alat dan mesin kerja. Dizaman saat sekarang, banyak diciptakan mesin dan alat berteknologi canggih agar dapat meningkatkan efisiensi produksi. Dalam  penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pre-post control group. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 siswa di kelas ini. Berdasarkan hasil penelitian uji t diperoleh thitung (2,205) > ttabel 5% (2,048) menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan keamanan terhadap pengetahuan TKP siswa kelas XI  SMK Negeri 2 Kota Solok.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pranawati, R., Rifwan, F., & Widiyanti, E. (2023). PENERAPAN SAFETY INDUCTION PEMBELAJARAN SISWA SMK. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(4), 461-465. https://doi.org/10.24036/asce.v4i4.92283