FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA MEMILIH JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN DI SMK NEGERI 2 KOTA SOLOK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Febby Delista fadillah Indah
Rijal Abdullah

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa memilih Jurusan Teknik Konstruksi dan Perumahan di SMK Negeri 2 Kota Solok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKP SMK Negeri 2 Kota Solok. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebar angket dan dokumentasi. Populasi yang digunakan sebanyak 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis deskriptif yang selanjutnya dipersentasekan dan dikategorikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor internal yang dominan mempengaruhi minat siswa memilih Jurusan Teknik Konstruksi dan Perumahan adalah indikator Keinginan sebesar 89% dengan kategori “Baik”, kemudian disusul dengan indikator Kesenangan sebesar 86% dengan kategori “Cukup”, indikator Motivasi sebesar 82% dengan kategori “Cukup”, indikator Cita-cita sebesar 80% dengan kategoti “Cukup’ dan indikator Bakat sebesar 79% dengan kategori “Cukup”. (2) faktor eksternalyang dominan mempengaruhi minat siwa memilih Jurusan Teknik Konstruksi dan Perumahan adalah adalah indikator Sekolah sebesar 76% dengan kategori “Cukup”,kemudian disusul dengan indikator Keluarga sebesar 73% dengan kategori “Cukup”, Indikator Masyarakat sebesar 68% dengan kategori “Kurang Baik”, dan indikator Teman Sebaya sebesar 64% dengan kategori “Kurang Baik”.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Delista fadillah Indah, F., & Abdullah, R. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA MEMILIH JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN DI SMK NEGERI 2 KOTA SOLOK. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(4), 469-473. https://doi.org/10.24036/asce.v4i4.92683

References

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Suparno. (2012). Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik).
Suyitno. (2020). Pendidikan Vokasi Kejuruan Srategi dan Revitalisasi Abad 21.