PENGARUH PENGUASAAN PROGRAM AUTOCAD TERHADAP PELAKSANAAN PLK MAHASISWA DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL PROGRAM STUDI PTB UNP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Latar belakang penelitian ini menggungkapkan bahwa mahasiswa yang sedang melaksanakan PLK mengalami hambatan ketika diberikan tugas untuk membuat rancangan pembelajaran dan praktek mengajar langsung di studio gambar pada saat pelaksanaan PLK. Tujuan penelitian untuk mengukur pengaruh penguasaan Program Auto CAD terhadap kinerja mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2020 pada pelaksanaan PLK. Penelitian ini ialah studi deskriptif yang memanfaatkan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian melibatkan mahasiswa angkatan 2020 Program Studi PTB UNP yang sedang menjalani PLK sambil menggunakan program Auto CAD dalam pelaksanaan PLK. Data penelitian dikumpulkan melalui formulir Google yang dibagikan secara daring kepada mahasiswa melalui platform WhatsApp. Hasil analisis data dan diskusi mengenai dampak Penguasaan Program Auto CAD terhadap pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan menghasilkan beberapa kesimpulan, yaitu bahwa penguasaan program Auto CAD umumnya dinilai baik (85,3%). Selain itu, dalam konteks pelaksanaan PLK, umumnya dinilai dengan baik sebesar 82,3%. Temuan dari uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara penguasaan program Auto CAD dan pelaksanaan PLK oleh mahasiswa Program Studi PTB UNP. Fakta ini didukung oleh nilai signifikansi koefisien (2-tailed) sebesar 0,001 < α 0,05, serta nilai koefisien korelasi Pearson (rxy) sebesar 0,563, yang melebihi 0,301. Uji t dengan nilai t hitung sebesar 3.850, yang melebihi 1.681, juga mengindikasikan adanya pengaruh yang signifikan dari penguasaan program Auto CAD terhadap pelaksanaan PLK. Dari hasil koefisien determinasi, dapat disimpulkan bahwa penguasaan program Auto CAD memberikan kontribusi sebesar 31,69% terhadap pelaksanaan PLK. Oleh sebab itu, Ho ditolak dan Ha diterima.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Binyamin, B., Asnan, M. N., Prasetyo, B. B., & Ledau, D. F. (2020). Program Pelatihan Gambar Teknik Menggunakan Aplikasi AutoCAD di SMK Muhammadiyah 3 Samarinda. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 2(1), 52-61.
Putra, A. N. (2011). Pengaruh Penguasaan Program Produktif dan Kinerja Guru Pembimbing Industri terhadap Prestasi Prakerin pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Fitra, Z., & Habibullah, H. (2022). Analisis Kesiapan Diri Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro melaksanakan Praktek Lapangan Kependidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 81-86.
Afitriani, D, & Kusumaningrum, I. (2022). Hubungan Hasil Belajar Metode Mengajar Khusus Dengan Hasil Belajar Praktek Lapangan Kependidikan Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Banhgunan. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(3), 227-233
Khairani, K., &Nofrion, N. (2012). Evaluasi Program Pengalaman Lapangan Kependidikan Universitas Negeri Padang.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara
Sappaile, B. I. (2010). Konsep penelitian ex-post facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-16.
Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342-351.
Febtriko, A., & Puspitasari, I. (2018). Mengukur Kreatifitas Dan Kualitas Pemograman Pada Siswa Smk Kota Pekanbaru Jurusan Teknik Komputer Jaringan Dengan Simulasi Robot. Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 3(1), 1-9.
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrument penelitian.
Fahrizqi, E. B. (2018). Hubungan panjang tungkai, power tungkai dan koordinasi mata-kaki dengan kemampuan passing pada pemain unit kegiatan mahasiswa olahraga futsal perguruan tinggi teknokrat. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 2(1), 32-42.