PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMKN 5 PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa selama proses pembelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan kurangnya efektivitas metode pembelajaran yang digunakan dapat diatasi dengan menerapkan metode Peer Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode Peer Teaching dalam pembelajaran mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Padang, dengan melibatkan 30 siswa kelas XI DPIB sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, nilai rata-rata tes awal (pre-test) adalah 65,2 dengan tingkat ketuntasan sebesar 33,33%, sedangkan pada tes akhir siklus (post-test), nilai rata-rata adalah 74,8 dengan tingkat ketuntasan sebesar 63,33%. Peningkatan hasil belajar siswa dari pre-test ke post-test pada siklus pertama adalah sebesar 14,7%, meskipun kriteria peningkatan belum tercapai. Pada siklus kedua, hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata tes awal (pre-test) pada siklus kedua adalah 79 dengan tingkat ketuntasan sebesar 73,33%, sedangkan pada tes akhir siklus kedua (post-test), nilai rata-rata adalah 86,13 dengan tingkat ketuntasan sebesar 96,67%. Peningkatan hasil belajar siswa dari pre-test ke post-test pada siklus kedua adalah sebesar 9,02%, dan kriteria peningkatan berhasil tercapai.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Dwi, I. M., & Adnyana, M. (2021). Metode Penelitian pendekatan kuantitatif (Issue August).
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 37–64.
Ramadhan Putra, F. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan Analisis UU No. 20 Tahun 2003,Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). 20.
Roby Ika Kurniawan. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti SMKN 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Edisi Tahun 2018.