PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING HASIL BELAJAR DASAR-DASAR DPIB SISWA SMK DHUAFA PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam mengajar mata pelajaran Dasar-Dasar DPIB pada Elemen Statika di kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang adalah Pembelajaran masih berpusat pada peran guru atau menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga siswa cenderung bersikap pasif dan hanya mencatat apa yang disampaikan oleh guru, yang pada akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar DPIB pada Elemen Statika di SMK Dhuafa Padang. Metode penelitian yang diterapkan adalah Quasi eksperimen dengan desain Control Group Design Pretest-Posttest. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Dhuafa Padang pada tahun ajaran 2023/2024. Pengujian instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat, melibatkan 30 siswa kelas XI DPIB sebagai sampel.. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang terdiri dari 20 soal objektif, termasuk pre-test, post-test, dan gain score. Analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata (uji-t). Hasil uji-t menunjukkan bahwa (7,099) ≥ (2,048), Penolakan hipotesis nol (Ho) dan penerimaan hipotesis alternatif (Ha) mengindikasikan bahwa temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Dasar-Dasar DPIB pada materi Elemen Statika di kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.