PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK UNTUK SISWA KELAS X JURUSAN DPIB DI SMKN 1 KOTO Xl TARUSAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wempi Mairiza
Ari Syaiful Rahman Arifin

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang dijumpai yaitu belum menggunakannya modul dalam mata pelajaran gambar teknik kelas X Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMKN 1 Koto XI Tarusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa e-modul yang valid dan layak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dan mengacu pada model pengembangan Decide, Design, Develop and Evaluate (DDD-E). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh  persentase uji validitas materi, uji validitas media, dan uji kelayakan secara beturut-turut sebesar 91%, 91% dan 83%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu e-modul pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan pada proses belajar gambar teknik kelas X Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMKN 1 Koto XI Tarusan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mairiza, W., & Arifin, A. S. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK UNTUK SISWA KELAS X JURUSAN DPIB DI SMKN 1 KOTO Xl TARUSAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(4), 587-593. https://doi.org/10.24036/asce.v4i4.95183

References

Daryanto, Daulay. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Purwanto, Ngalim (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group
Tegeh, I Made. dkk. (2014). Model Penelitian. Singaraja: Yogyakarta Graha Ilmu.