KONTRIBUSI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG(APLPIG) SISWA DPIB SMK NEGERI 1 TARUSAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Salman Tos
Totoh Andayono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada kontribusi literasi digital terhadap hasil belajar APLPIG Siswa DPIB SMK Negeri 1 Tarusan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional.  Sampel dalam penelitian ini yaitu semua siswa Kelas XI dan XII DPIB SMK Negeri 1 Tarusan yang berjumlah 56 orang. Hasil analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini terdapat pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara Kemampuan Literasi Digital terhadap hasil belajar APLPIG, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,640 dan taraf signifikan  0,000. Data uji normalitas yang diperoleh kedua variabel dalam penelitian ini berdistribusi normal dengan nilai signifikansi probabilitas variabel X sebesar 0,979 dan variabel Y sebesar 0,961.  Artinya nilai signifikansi probabilitas ≥ 0,05. Untuk hasil uji linearitas kedua variabel mempunyai model linier dengan nilai signifikan (Deviasi Linier) sebesar 0,589 ≥ 0,05. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi antara keterampilan literasi digital terhadap hasil belajar APLPIG siswa jurusan PIB kelas XI dan XII di SMK Negeri 1 Tarusan. Besarnya kontribusi yang dikumpulkan sebesar 40%. Artinya keterampilan literasi digital memberikan kontribusi yang kuat terhadap hasil belajar APLPIG siswa jurusan kelas PPI dan XII di SMK Negeri 1 Tarusan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Tos, S., & Andayono, T. (2023). KONTRIBUSI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG(APLPIG) SISWA DPIB SMK NEGERI 1 TARUSAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(4), 594-597. https://doi.org/10.24036/asce.v4i4.95383

References

Dewi, D. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi. Belajar Siswa Di Sd Negeri Winong Mirit Kebumen.
Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources.
Puspito, Danang Wahyu. 2017. Implementasi Literasi Digital dalam Gerakan. Literasi Madrasah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.