PERSEPSI SISWA KELAS X TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kevin Akbar
Syaiful Haq

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Padang mengevaluasi penggunaan lingkungan belajar berbasis Macromedia Flash pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan siswa kelas X sebagai subjek penelitian. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Sebanyak 26 siswa kelas X DPIB A Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Padang berpartisipasi dalam penelitian ini. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui survei online menggunakan Google Form yang didistribusikan kepada siswa melalui WhatsApp. Hasil analisis dan pembahasan data persepsi siswa kelas X DPIB A SMK Negeri 1 Padang terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash pada mata pelajaran Mekanika Teknik menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang positif terhadap penggunaannya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Akbar, K., & Haq, S. (2023). PERSEPSI SISWA KELAS X TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(4), 561-564. https://doi.org/10.24036/asce.v4i4.95683

References

Daryanto. 2012. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya. Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Dianto, B. T., & Estidarsani, N. (2015). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Macromedia Flash pada Materi Pelajaran Mekanika Teknik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TGB-2 SMKN 1 Mojokerto. Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2), 22-27.Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Lestari, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran pembelahan sel dengan menggunakan Macromedia Flash untuk Kelas XII SMA. Edu Research, 3(2), 59241.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian dan Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono.2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: CV. Alfabeta.