PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK N 1 KECAMATAN GUGUAK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak―Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pmbelajaran yang digunakan guru belum sejalan dengan krakteristik mata plajaran dan sulitnya siswa dalm memahami materi, sehingga berdampakk kepada hasil belajar yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui pengaruh modell pembelajaranb Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Mekanika Tekniik kelas X Jurusan Teknik Kontruksi dan Properti SMK N 1 Kecamatan Guguak. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian eksprimen semu (Quasi Experiment), yamgg merupakan pengembangan dari rancangan penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rncangan penelitian The Non Equivalent Control Group. Populasi pada penelitian tersebut adalahh siswa kelas X TKP SMKN 1 Kecamatan Guguak berjumlah 40 orang, yaitu kelas X DPIB 22 orang dan Kelas X BKP 18 orang. Uji instrumenn dlakukan di SMK N 1 Kecamatan Guguak, pada Kelas X DPIB B dan X BKP B dengan jumlah sampel 30 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian pretest dan postest, hasiil belajar siswa padaa kelas ekperimen dan kelas kontrol akan menjadi data yang digunakan pada penelitian. Analisis data penelitian menggunakan rumus uji prbedaan dari dua rata-rata (t-test). Berdasarkan pada perhitungan hipotesis t-test diperoleh thitung (5,20) > ttabel (2,025) menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hasil dari penelitian ini mnunjukkan bahwa terdapat pengaruhhmmodel ppmbelajaran Numbered Head Together (NHT) trhadap hasilq belajar Mekanika Teknik kkelas X Jurusan Teknik Knstruksi dan Properti SMK N 1 Kecamatan Guguak
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
[2]Sutikno, M. Sobry. 2013. Belajara dan Pembelajarn. lLombok: Holistica
[3] Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
[4]Darmansya dan Regina Ade Darman. 2017. Strategi Pembelajaran. Bukittinggi: Erka.
[5]Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[6]Rahayu.2006.NumberedHeadsTogether.http://rahayu_numberedheadstogether(NHT)blogulum.html. 20 Mei 2015 (11:49).
[7]Trianto. 2015. Medesain Model Pembeelajaran Inovatiif Progresiif. Surabaya: Prenaadamedia Group
[8]rSudjana, Nana. 2009. pPenilaian Hasil Prosesi Belajar Mengajr. Bandung : PT. Remajas Rosdakaryaaa
[9]Sudjanaa, oNana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung : Sinar Baru
[10] Juniman Silalahi. 2009. Mekanika Struktur Jilid 1. Padang: UNP Press
[11]A. Muri Yusuff. 2013. Metdologi Penelitian. Padang: UNP Preess Padang.
[12]Sugiyono. 2012. Metode fPenelitian Kuantitatiif, Kualiitatif Dan rR&D. Bandung: AAlfabeta.
[13]Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
[14]Sugiyono (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta