HUBUNGAN HASIL BELAJAR METODOLOGI PENELITIAN DENGAN NILAI SKRIPSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan pada mata kuliah skripsi yang banyak terjadi ialah terdapat mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) yang lulus mata kuliah Metodologi Penelitian namun tidak memahami materi tentang bagaimana prosedur dalam penulisan skripsi. Dampak dari masalah tersebut adalah sewaktu penulisan skripsi mahasiswa akan mengalami kesulitan dalam penyelesaiannya. Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah prasyarat dan mahasiswa tidak dapat menulis skripsi jika tidak lulus dalam mata kuliah tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian dengan hasil penyelesaian skripsi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, tergolong pada jenis penelitian deskriptif yang bersifat korelasi. Jumlah sampel yang digunakan adalah 126 responden yang datanya diambil berdasarkan pengelompokkan periode wisuda. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment. Hasil dari penelitian ini yaitu r hitung = 2.657, sedangkan r tabel = 1.656, yang berarti r hitung < r tabel Hasil ini menunjukkan bahwa korelasi antara kedua variabel berada dalam kategori sangat rendah dengan koefisien determinan sebesar 0,56%. Besarnya signifikansi menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung = 2,657 sedangkan t tabel = 1,656, berarti t hitung < t tabel. Jadi kesimpulannya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar dengan nilai skripsi mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.