HUBUNGAN HASIL BELAJAR METODOLOGI PENELITIAN DENGAN NILAI SKRIPSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Herda Yospi Vela
Oktaviani Oktaviani

Abstract

Permasalahan pada mata kuliah skripsi yang banyak terjadi ialah terdapat mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) yang lulus mata kuliah Metodologi Penelitian namun tidak memahami materi tentang bagaimana prosedur dalam penulisan skripsi. Dampak dari masalah tersebut adalah sewaktu penulisan skripsi mahasiswa akan mengalami kesulitan dalam penyelesaiannya. Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah prasyarat dan mahasiswa tidak dapat menulis skripsi jika tidak lulus dalam mata kuliah tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian dengan hasil penyelesaian skripsi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, tergolong pada jenis penelitian deskriptif yang bersifat korelasi. Jumlah sampel yang digunakan adalah 126 responden yang datanya diambil berdasarkan pengelompokkan periode wisuda. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment. Hasil dari penelitian ini yaitu r hitung = 2.657, sedangkan r tabel = 1.656, yang berarti r hitung < r tabel Hasil ini menunjukkan bahwa korelasi antara kedua variabel berada dalam kategori sangat rendah dengan koefisien determinan sebesar 0,56%. Besarnya signifikansi menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung = 2,657 sedangkan t tabel = 1,656, berarti t hitung < t tabel. Jadi kesimpulannya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar dengan nilai skripsi mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Vela, H., & Oktaviani, O. (2023). HUBUNGAN HASIL BELAJAR METODOLOGI PENELITIAN DENGAN NILAI SKRIPSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNP. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(4), 565-569. https://doi.org/10.24036/asce.v4i4.96083