PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI MENGGUNAKAN APLIKASI ASSEMBLR EDU DI SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Latar belakang masalah penelitian adalah karena sebagian besar kegiatan pengajaran masih terfokus terhadap guru dan minimnya variasi media ajar yang membuat siswa masih kurang aktif pada proses belajar. Pemanfaatan Assemblr Edu memberikan salah satu ide untuk pembuatan media pembelajaran interaktif yang efektif dalam menunjang peningkatan minat belajar dari peserta didik serta menunjang hasil belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meraih informasi sejauh mana kelayakan pembuatan media ajar dengan bantuan aplikasi Assemblr Edu mata pelajaran estimasi biaya konstruksi kelas XII DPIB di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode penelitian ini dipakai untuk memberikan hasil yakni sebuah produk tertentu dan berikutnya akan dilaksanakan uji kelayakan pada produk yang dibuat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh presentasi uji validitas media sebesar 85%, uji validitas materi sebesar 92.5%, dan uji praktikalitas sebesar 89.7%. Pembuatan media pembelajaran estimasi biaya konstruksi berbantuan aplikasi Assemblr edu dinilai valid dan praktis untuk digunakan pada kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.