PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KONSEP DAN APLIKASI BUILDING INFORMATION MODELLING DI DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wina Sabarni
Muvi Yandra

Abstract

Pada Departemen Teknik Sipil, belum tersedia modul pembelajaran BIM Revit architecture. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Developments (R&D) dengan metode pengembangan model 4-D yang terdiri dari 4 tahapp, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (developments), dan penyebaran (dissemination). Penelitan berfokus pada 3-D tanpa melibatkan tahap penyebaran (dissemination). Penelitian berlangsung pada periode Juli hingga Desember 2023 dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Hasil evaluasi oleh validator materi dan media menunjukkan kualifikasi yang sangat baik. Selanjutnya, uji coba produkk dilakukan dengan kelompok kecil terdiri dari 8 responden dengan hasil penilaian sangat baik. Selain itu, uji coba produk dengan kelompok besar terdiri dari 18 responden dengan hasil penilaian sangat baik. Hasil evaluasi produk oleh ahli materi pertama menunjukkan skor rata-rata sebesar 4,00 dan ahli materi kedua dengan skor rata-rata 5,28 dalam kategori sangat baik. Penilaiann oleh ahli media pertama memperolehhskor rata-rata sebesar 4,65 dan ahli media kedua memberikan skor rata-rata sebesar 4,70 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian tersebut, modul pembelajaran BIM dianggap valid dengan kualifikasi sangat baik. Pada uji coba kelompokk kecil hasil penilaian menunjukkan skor rata-rataa sebesar 88,55% dengan kategori sangat praktis. Sementara pada uji coba kelompok besar, skor rata-rata sebesar 89,88% dengan kualifikasi sangat praktis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sabarni, W., & Yandra, M. (2023). PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KONSEP DAN APLIKASI BUILDING INFORMATION MODELLING DI DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(4), 584-586. https://doi.org/10.24036/asce.v4i4.97383

References

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. In S. Fatma (Ed.), Tahta Media Group (Mei 2021). Tahta Media Group.
Purnama, F. L. (2018). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA TEMA 6 SUBTEMA TUBUH MANUSIA KELAS V SD/MI.Skripsi (Vol. 44, Issue 8).
Rahdiyanta, D. (2015). Materi Teknik Penyusunan Modul.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.