PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KONSEP DAN APLIKASI BUILDING INFORMATION MODELLING DI DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pada Departemen Teknik Sipil, belum tersedia modul pembelajaran BIM Revit architecture. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Developments (R&D) dengan metode pengembangan model 4-D yang terdiri dari 4 tahapp, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (developments), dan penyebaran (dissemination). Penelitan berfokus pada 3-D tanpa melibatkan tahap penyebaran (dissemination). Penelitian berlangsung pada periode Juli hingga Desember 2023 dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Hasil evaluasi oleh validator materi dan media menunjukkan kualifikasi yang sangat baik. Selanjutnya, uji coba produkk dilakukan dengan kelompok kecil terdiri dari 8 responden dengan hasil penilaian sangat baik. Selain itu, uji coba produk dengan kelompok besar terdiri dari 18 responden dengan hasil penilaian sangat baik. Hasil evaluasi produk oleh ahli materi pertama menunjukkan skor rata-rata sebesar 4,00 dan ahli materi kedua dengan skor rata-rata 5,28 dalam kategori sangat baik. Penilaiann oleh ahli media pertama memperolehhskor rata-rata sebesar 4,65 dan ahli media kedua memberikan skor rata-rata sebesar 4,70 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian tersebut, modul pembelajaran BIM dianggap valid dengan kualifikasi sangat baik. Pada uji coba kelompokk kecil hasil penilaian menunjukkan skor rata-rataa sebesar 88,55% dengan kategori sangat praktis. Sementara pada uji coba kelompok besar, skor rata-rata sebesar 89,88% dengan kualifikasi sangat praktis.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Purnama, F. L. (2018). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA TEMA 6 SUBTEMA TUBUH MANUSIA KELAS V SD/MI.Skripsi (Vol. 44, Issue 8).
Rahdiyanta, D. (2015). Materi Teknik Penyusunan Modul.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.