HUBUNGAN TUNDAAN DAN PANJANG ANTRIAN TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR AKIBAT PENYEMPITAN JALAN (BOTTLENECK) (STUDI KASUS PROYEK JEMBATAN LINGGARJATI JALAN ADINEGORO, KOTA PADANG)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tundaan dan antrian merupakan salah satu permasalahan transportasi yang sering dijumpai. Jembatan Linggarjati yang berada di Jalan Adinegoro Kecamatan Koto Tangah Kota Padang saat ini sedang dilakukan perbaikan sehingga menyebabkan adanya penyempitan jalan (bottleneck) di badan Jalan Adinegoro. Akibat dari adanya penyempitan jalan menimbulkan terjadinya tundaan dan antrian kendaraan di Jalan Adinegoro. Adanya tundaan dan antrian nantinya akan berpengaruh kepada konsumsi BBM sehingga semakin tinggi nilai tundaan dan antrian yang terjadi maka semakin banyak konsumsi bahan bakar yang terbuang sia-sia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tundaan dan panjang antrian yang terjadi terhadap konsumsi bahan bakar minyak di Jalan Adinegoro. Data primer yang didapatkan pada penelitian ini berupa geometrik jalan, volume kendaraan, waktu tunda, dan panjang antrian. Konsumsi BBM berdasarkan pada waktu tunda yang terjadi dan dihitung menggunakan persamaan yang diajukan oleh LAPI-ITB saat kendaraan berhenti sementara. Hubungan tundaan dan antrian dianalisis menggunakan metode analisis regresi linear berganda dimana konsumsi BBM (Y) sebagai variabel terikat dipengaruhi oleh tundaan (X1) dan antrian (X2) sebagai variabel bebas. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan didapatkan nilai rata-rata waktu tunda, panjang antrian dan konsumsi BBM secara berturut-turut sebesar 121,87 detik, 204,97 meter dan 47,39 cc/smp. Berdasarkan analisis data didapatkan tundaan dan antrian berpengaruh secara simultan terhadap konsumsi BBM.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.