PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH PRAKTEK KERJA KAYU

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Femil Anggia Putra
M Giatman

Abstract

Mata kuliah Praktek Kerja Kayu tecantum dalam kurikulum termasuk mata kuliah wajib  yang diambil oleh setip mahasiswa program Studi Pendidikan Teknik Bangunan pada Departemen Teknik Sipil UNP . Kurikulum ditata untuk memberikan keterampilan pengoperasian alat-alat tangan dan mesin- mesin kayu untuk membuat sambungan dan hubungan kayu yang dapat dirangkai menjadi suatu objek baik berupa konstruksi maupun berupa produk furniture. Jumlah satuan kredit semester pada matakuliah ini sebanyak 4 SKS, dengan jumlah pertemuan 16 kali pertemuan. Namun, mahasiswa belum semuanya mampu mengoperasikan alat-alat mesin stasioner tersebut seutuhnya dengan benar dan memperhatikan keselamatan, Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah keterbatasan media pembelajaran untuk matakuliah Praktek Kerja Kayu yang dapat membantu pemahaman mahasiswa untuk menguasai informasi pengoperasian alat-alat yang ada di workshop yang sewaktu-waktu dapat di pelajari kembali. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti bermaksud untuk mengembangkan media pembelajaran. Media tersebut adalah Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Praktek Kerja Kayu. Media ini diharapkan mahasiswa mampu menguasai materi dan dapat dipelajari dimanapun mahasiswa tersebut berada.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putra, F., & Giatman, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH PRAKTEK KERJA KAYU. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(4), 617-621. https://doi.org/10.24036/asce.v4i4.98083

References

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta