KESIAPAN GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SMK DHUAFA PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mhd Al Ahwani AM
Fani Keprila Prima
Windry Novalia Jufri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka pada SMK Dhuafa Padang yang ditinjau dari segi perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Guru yang sudah melaksanakan kurikulum merdeka belajar di SMK Dhuafa Padang berjumlah 33 orang menjadi sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan indek Tingkat Capaian Responden (TCR) mengungkapkan bahwa kesiapan guru dari segi perencanaan pembelajaran termasuk pada kategori siap dengan skor 76,00% dan tingkat kesiapan guru terhadap penerapan kurikulum merdeka belajar pada kategori siap dengan skor 75,76%. Oleh karena itu, kesiapan guru terhadap kurikulum merdeka belajar pada SMK Dhuafa Padang dari segi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran termasuk pada kategori siap.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ahwani AM, M., Prima, F., & Jufri, W. (2023). KESIAPAN GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SMK DHUAFA PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(4), 622-624. https://doi.org/10.24036/asce.v4i4.98683