PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTEK KERJA BATU DAN BETON
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini menggunakan alat kuantitatif untuk melakukan penelitian deskriptif. Mahasiswa Prodi PTB UNP angkatan 2019 yang pernah melakukan praktek kerja batu dan beton dijadikan sebagai responden penelitian. Google Form digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, yang kemudian disebarkan kepada siswa secara online menggunakan platform media sosial WhatsApp. Dapat diambil beberapa kesimpulan mengenai dampak penggunaan aplikasi YouTube yang secara umum berada pada kategori baik (85,3%), berdasarkan temuan analisis data dan pembahasan mengenai pengaruh penggunaan aplikasi YouTube terhadap hasil belajar praktik pemasangan batu bata untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Begitu pula dengan variabel hasil belajar praktik pemasangan batu bata seringkali berada pada rentang baik (82,3%). Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan aplikasi YouTube dengan hasil belajar praktik pemasangan batu bata pada mahasiswa program studi PTB UNP. Hal ini didukung dengan nilai koefisien korelasi Pearson (rxy) yaitu 0,563 > 0,301 dan sig. (2-tailed) diperoleh nilai koefisien sebesar 0,001 < nilai α 0,05. Hasil belajar bricklaying practice dipengaruhi oleh penggunaan aplikasi youtube, hal ini ditunjukkan dengan uji t dengan nilai t hitung sebesar 3,850 > 1,681. Mengingat nilai sig sebesar 0,001 < nilai α 0,05 maka pengaruhnya dianggap signifikan. Penggunaan YouTube memberikan pengaruh sebesar 31,69% terhadap hasil belajar praktik pemasangan batu bata berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Asroni, Ali, 2010. Balok Dan Pelat Beton Bertulang, Penerbit Graha Ilmu,Yogyakarta
Azhar, Arsyad. (2009). Media Pembelajaran . Jakarta: Raja Grafindo Persada Rineka Cipta.
Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Cheppy Riyana.(2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung:Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.
Daryanto, M. 2006. Administrasi Pendidkan, Jakarta: PT Rineka Cipta,.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Eldarni, Ida Murni, & Fitri Yeni. 2014. Media Video. Padang: UNP Press.
Endang Mulyatiningsih, 2014, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta..
Gerlach dan Ely. (1971). Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition, by V.S.