PENGEMBANGAN RPS BERBASIS STEAM PADA MATA KULIAH PRAKTEK KERJA KAYU PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adhadian Bhakti Dharma
Rijal Abdullah
Fani Keprila Prima

Abstract

Pada RPS perkuliahan Praktek Kerja Kayu yang digunakan pada program studi Pendidikan Teknik Bangunan, mengalami ketidakcocokan antara RPS dengan perkuliahan Praktek Kerja Kayu sekarang.Pada penelitian ini peneliti  ingin mengembangkan RPS Praktek Kerja Kayu sekarang sesuai dengan pembelajaran yang berlangsung sekarang dengan ditambahkan unsur STEAM pada RPS. Kemudian pada penelitian ini akan mengungkap tingkat validitas dari hasil pengembangan RPS dengan pendekatan pembelajaran STEAM pada mata kuliah Praktek Kerja Kayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Research and Development (penelitian dan pengembangan). Model pengembangan yang digunakan adalah DDD-E terdiri dari Decide (memutuskan), Design (desain), Development (pengembangan), Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menggungkapkan bahwa penilaian RPS dari 6 dosen tergolong kategori baik dengan nilai validasi 0,83, karena nilai tersebut sudah melebihi batas minimum nilai validitas yaitu 0,4,  nilai tesebut didapatkan dari mencari rata-rata dari penilaian dosen menggunakan rumus Aiken V, hasil tersebut termasuk dalam kategori valid.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dharma, A., Abdullah, R., & Prima, F. (2023). PENGEMBANGAN RPS BERBASIS STEAM PADA MATA KULIAH PRAKTEK KERJA KAYU PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(4), 609-611. https://doi.org/10.24036/asce.v4i4.98983

References

Ivers, K. S., & Barron, A. E. (2007). Multimedia Projects in Education: Designing, Producing and Assessing Third Edition. In Library Review (Vol. 56, Issue 3).
Purnama, F. L. (2018). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA TEMA 6 SUBTEMA TUBUH MANUSIA KELAS V SD/MI.Skripsi (Vol. 44, Issue 8).
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (1st ed.).
Salsabila, N., & Muhid, A. (2021). EFEKTIVITAS PENDEKATAN STEAM BERBASIS PARENTAL SUPPORT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK BELAJAR DARI RUMAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. 6, 247–253.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Telaumbanua, A., Dakhi, O., & ... (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Modul Pada Mata Kuliah Praktek Kayu. … :
Jurnal Pendidikan, 5(2), 841.