ANALISIS KESESUAIAN SARANA DAN PRASARANA PRAKTIKUM JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN SMKN 1 BUKITTINGGI BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 34 TAHUN 2018

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhamad Alvin
Rijal Abdullah

Abstract

Penelitian ini bermula dari perhatian terhadap rendahnya motivasi dan minat belajar peserta didik, yang tercermin dari nilai semester yang relatif rendah di SMKN 1 Bukittinggi. Rendahnya motivasi dan minat belajar ini diduga dapat dipengaruhi oleh kurang lengkapnya sarana dan prasarana praktikum Teknik Konstruksi dan Perumahan di sekolah tersebut. Oleh karena itu, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kesesuaian sarana dan prasarana praktikum Teknik Konstruksi dan Perumahan di SMKN 1 Bukittinggi. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pihak sekolah untuk mengambil tindakan perbaikan atau peningkatan yang diperlukan guna meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik dalam bidang Teknik Konstruksi dan Perumahan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, dan analisis data dilakukan dengan metode analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesesuaian prasarana mencapai 92%, sedangkan untuk sarana mencapai 89%. Rinciannya adalah bagian perabot 99%, bagian peralatan 58,5%, bagian media pendidikan 100%, dan bagian perlengkapan lainnya 100%. Kesimpulannya adalah total tingkat kesesuaian sarana dan prasarana pada bengkel Teknik Konstruksi dan Perumahan mencapai 85%, masuk dalam kriteria sangat sesuai.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Alvin, M., & Abdullah, R. (2024). ANALISIS KESESUAIAN SARANA DAN PRASARANA PRAKTIKUM JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PERUMAHAN SMKN 1 BUKITTINGGI BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 34 TAHUN 2018. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(1), 1-4. https://doi.org/10.24036/asce.v5i1.99783

References

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Riyanta, W. (2011). Manajeman Peralatan dan Bahan Praktik Bengkel Batu pada Bidang Keahlian Teknik Bangunan di SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta Menuju Sekolah Bertaraf Internasional Tahun Ajaran 2010/2011. 1–110.

Hirdiawan, D. (2008). Kelayakan Sarana Prasarana Pembelajaran Dan Kualifikasi. 73–80.

Arulampalam Kunaraj, P.Chelvanathan, Ahmad AA Bakar, I. Y. (2023). Analisis Kesesuaian Sarana dan Prasarana Praktikum Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Bukittinggi. Journal of Engineering Research.

Rustanti, L., Murtinugraha, E. R., & Saleh, R. (2021). Kesesuaian Antara Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan UNJ dengan Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan. 3(1), 1–7.