PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA ELEMEN PERHITUNGAN STATIKA BANGUNAN KELAS X DI SMK NEGERI 1 PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Salah satu kendala yang seringkali dihadapi oleh siswa SMK Negeri 1 Padang dalam memahami pelajaran Elemen Perhitungan Statika Bangunan, khususnya materi reaksi tumpuan adalah terbatasnya media pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang berbasis powtoon, untuk materi reaksi tumpuan dalam menunjang proses pembelajaran Elemen Perhitungan Statika Bangunan di SMK Negeri 1 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Instrumen evaluasi melibatkan angket penilaian dari ahli media, ahli materi, dan siswa. Evaluasi produk media pembelajaran animasi powtoon oleh ahli media memiliki validator sebanyak 3 orang ahli dan mencapai nilai 88,89% dengan kriteria sangat valid, melibatkan aspek media, materi, dan audio. Sementara itu, ahli materi juga memiliki validator sebanyak 3 orang ahli dan memberikan penilaian sebesar 86,49% dengan kriteria sangat valid, melibatkan aspek isi dan materi, manfaat, dan bahasa. Hasil penilaian dari 66 siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 91,52%, dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan evaluasi ini, media pembelajaran yang dihasilkan dianggap layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Elemen Perhitungan Statika Bangunan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Dori Mai Sastra, F. R. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Teknik Sipil Universitas Negeri Padang, 48-53.
Fajar Syahrul, R. C. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Edutcehnologia, 101-114.
Harke Mosey, J. R. (2021). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Mobile Anatomi Tubuh Manusia Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1 (6), 675-687.
Hastina, W. S. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Powtoon Pada Elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan SMK Negeri 1 Padang. Universitas Negeri Padang.
Zen Zelhendri, S. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.