PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA ELEMEN PERHITUNGAN STATIKA BANGUNAN KELAS X DI SMK NEGERI 1 PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Purnama Ahsani
Fajri Yusmar

Abstract

Salah satu kendala yang seringkali dihadapi oleh siswa SMK Negeri 1 Padang dalam memahami pelajaran Elemen Perhitungan Statika Bangunan, khususnya materi reaksi tumpuan adalah terbatasnya media pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang berbasis powtoon, untuk materi reaksi tumpuan dalam menunjang proses pembelajaran Elemen Perhitungan Statika Bangunan di SMK Negeri 1 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Instrumen evaluasi melibatkan angket penilaian dari ahli media, ahli materi, dan siswa. Evaluasi produk media pembelajaran animasi powtoon oleh ahli media memiliki validator sebanyak 3 orang ahli dan mencapai nilai 88,89% dengan kriteria sangat valid, melibatkan aspek media, materi, dan audio. Sementara itu, ahli materi juga memiliki validator sebanyak 3 orang ahli dan memberikan penilaian sebesar 86,49% dengan kriteria sangat valid, melibatkan aspek isi dan materi, manfaat, dan bahasa. Hasil penilaian dari 66 siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 91,52%, dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan evaluasi ini, media pembelajaran yang dihasilkan dianggap layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Elemen Perhitungan Statika Bangunan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ahsani, P., & Yusmar, F. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA ELEMEN PERHITUNGAN STATIKA BANGUNAN KELAS X DI SMK NEGERI 1 PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 5(1), 10-15. https://doi.org/10.24036/asce.v5i1.99883

References

Achmad, P. D. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon Pada Mata Pelajaran ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter Untuk Siswa Kelas XI Ips Di SMA Negeri 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 71-79.
Dori Mai Sastra, F. R. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Teknik Sipil Universitas Negeri Padang, 48-53.
Fajar Syahrul, R. C. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Edutcehnologia, 101-114.
Harke Mosey, J. R. (2021). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Mobile Anatomi Tubuh Manusia Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1 (6), 675-687.
Hastina, W. S. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Powtoon Pada Elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan SMK Negeri 1 Padang. Universitas Negeri Padang.
Zen Zelhendri, S. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.